Senin, 14 Desember 2009

Tips Efektif Menggunakan Search Engine

Menggunakan mesin pencari merupakan cara yang biasa ditempuh oleh para netters untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkannya dibelantara world wide web (www). Namun demikian tidak jarang pengguna mesin pencari memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan Query dengan cara yang kurang tepat. Tips diharapkan dapat menuntutmu menggunakan mesin pencari secara efektif untuk menemukan informasi yang dibutuhkan:

1. Gunakan mesin pencari yang tepat

sebagian mesin pencari saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian sesungguhnya. untuk saat ini, Yahoo dan google merupakan pilihan yang paling terpercaya.

2. jangan gunakan Keyword yag terlalu umum

Pencarian dengan kata yang umum menghasilkan hasilpencarianyang tidak fokus, lebih baik menggunaklan kata yang lebih khusus. misalnya kata digital camera menghasilkan ribuan hasil pencarian, tetapi kata digital camera casio lebih sedikit hasil pencarianya dan lebih fokus.

3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas

Banyak orang masukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian. menuliskan kata kunci short biography of footballer maradona akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungandengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya maradona biography. kesalahan ejaan pad kata kunci dapat membawamu untuk memperoleh hasil yang jauh dari harapan.

4. Gunakan Operator Booelan

Kata kunci And, Or Not, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spssifik. Keyword Hubble AND Biography NOT Telescope akan membawamu kehalaman yang membahaas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari halaman masuknya tentang teleskop antariksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian.

5. Gunakan Tanda Kutip Untuk Frase Khusus

Beberapa mesin pencari mensyaratkan pengguna tanda kutip untk menunjukkan  satu frase kalimat. misalnya penggunaan kata kunci "teknologi komputer" akan memberikan hasil yang berbeda. kata kunci yang diapit oleh tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator booelanuntuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik.

sumber:Tik Yudistira 


1 komentar: