Selasa, 15 Desember 2009

5 CaRa MenCaRi UaNg di InTernEt



Dunia Internet bukan saja menawarkan informasi dan berita dunia terkini, tapi juga menawarkan kuntungan finansial bagi yang tahu bagaimana cara memanfaatkan media ini untuk menghasilkan uang. Bagaimana dan seberapa besar keuntungan yang bisa dicapai lewat Internet?
Kalau bicara mencari uang di Internet, siapa saja bisa melakukannya dan sangat tergantung pada seberapa besar keseriusan orang yang ingin mendapatkan uang tersebut dan juga jumlah yang akan dihasilkan.
Internet sendiri merupakan media yang cukup mudah untuk menghasilkan uang bagi yang mengerti, karena banyak sekali peluang untuk itu dan akan semakin bertambah dari hari ke hari. Situs yang ditujukan untuk komersial atau menghasilkan uang sendiri juga sangat banyak, dan bahkan banyak situs yang memang dirancang khusus untuk itu.
Berikut ini kita akan coba kita bahas beberapa cara yang biasanya dilakukan oleh netter untuk mendapatkan uang dari Internet:
Membuat Situs untuk Iklan, Afiliasi dan Promosi serta Marketing Online
Cara ini efektif untuk mendapatkan uang dari Internet dan bebas resiko. Sebab netter hanya butuh sebuah atau lebih situs gratis ataupun berbayar sebagai media gratis untuk menampilkan iklan-iklan yang mereka miliki. Atau menjadikan situsnya sebagai afiliasi untuk promosi penjualan barang dari situs lain, misalnya afiliasi dengan Amazon (situs penjualan barang melalui Internet), di mana netter bisa mendapatkan komisi dari setiap barang yang dibeli oleh orang/netter lain yang masuk melalui link dari situs kita.
Meskipun kelebihannya adalah bebas resiko, namun kita butuh waktu dan pengetahuan yang cukup tentang pembuatan situs dan situs tersebut harus sering-sering diupdate supaya banyak dikunjungi orang. Contoh usaha seperti ini yang bisa dicoba adalah Google Adsense dan Amazon.Com.
Menjadi Internet Trader
Cara ini pun cukup efektif bagi yang rajin dan hobi belajar trading mata uang (Forex). Bila kita sampai menjadi seorang ahli trading, penghasilan kita bisa sangat tinggi, bisa mencapai ratusan hingga puluhan ribu dollar per bulan atau bahkan per minggu. Saat ini banyak media yang menyediakan trading gratis untuk belajar dan bahkan mendapatkan uang gratis untuk trading sesungguhnya seperti di Marketiva.Com.
Investasi Online
Cara ini mengandung resiko dan butuh modal awal untuk mendapatkan profit. Untuk berinvestasi online sendiri juga butuh waktu belajar, pengalaman dan harus mengikuti ketentuan investasi. Baru setelah itu bisa menikmati hasil profit. Banyak netter luar negeri yang hidup dari investasi online ini dan biasanya mereka sudah lama berkecimpung dan berpengalaman di bidang ini.
Kelebihan cara ini adalah mudah mendapatkan keuntungan karena tidak membutuhkan keahlian apapun asalkan punya modal. Namun potensi kerugian juga cukup besar kalau tidak hati-hati karena banyak investasi yang menipu atau gagal bayar karena salah manajemen.
Dibayar untuk Beraktifitas di Internet
Cara ini juga bisa dikatakan cukup mudah, namun bisa menghabiskan waktu banyak. Sedangkan profit yang didapatkan biasanya sedikit dan baru dibayarkan setelah mencapai jumlah tertentu. Cara ini biasanya dilakukan oleh netter dengan mendaftarkan diri untuk ikut program membaca e-mail iklan, klik iklan, surfing di Internet, posting berita atau blog, memakai search engine, menyimpan dan membagi-bagikan file yang semuanya gratis.
Selain memerlukan waktu lama, program ini banyak kelemahannya, diantaranya adalah jumlah uang yang dihasilkan biasanya sangat kecil. Namun apabila kita mengikuti banyak program serupa yang kesemuanya jujur alias membayar anggotanya, kita bisa paling tidak mendapatkan 300 – 400 dollar sebulan. Contoh situs yang menawarkan bisnis ini adalah WaoIndia.Com dan Scour.Com.
Ecommerce (Jualan Barang dan Jasa)
Cara ini dilakukan oleh netter yang mempunyai produk barang atau jasa yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Mereka biasanya membuat situs yang bisa mendukung dan memberikan informasi tentang produk yang mereka jual.
Nah, jika kita dapat memanfaatkan 3 dari 5 cara di atas, kemungkinan besar kita bisa memperoleh tambahan finansial yang memadai. Memang masih ada cara-cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang lewat Internet, namun lima cara di atas sudah mewakili banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari Internet. Sekedar informasi saja, sebelum mendaftar pada suatu program, perhatikan keseriusan program tersebut, bagaimana prospeknya ke depan dan juga apakah program tersebut merupakan penipuan atau bukan. Memang sih layanannya gratis, tapi kalau tidak membayar anggotanya, kita kan juga rugi waktu.
Sumber: Komputek

2 komentar: